Selamat datang di Blog gue :) Salam kenal

Kamis, 15 Desember 2016

CHAMPION GUIDE : JANNA "The Storm's Fury"


Ada beberapa penyihir yang menyerahkan dirinya kepada kekuatan alam, dan melupakan sihir yang telah dipelajarinya. Salah satu penyihir tersebut adalah Janna. Kemampuan Janna sangat baik dengan elemen udaranya. Janna membawa kemampuan itu kedalam Summoner's Rift. Janna merupakan salah satu Champion Support Mage yang sangat baik di gunakan untuk melindungi ADC dan tim-nya. 
Dengan elemen udara miliknya, terasa sejuk dan nyaman bagaikan tiupan angin bagi tim nya sendiri, namun bagi lawan-nya ? Angin yang datang bagaikan badai kehancuran !

Ability



Pasif - Tailwind

Janna memberikan tambahan 8% bonus Movement Speed kepada Champion teman ketika bergerak mendekat satu sama lain.


Q - Howling Gale

Janna mampu menciptakan sebuah angin topan yang bila di diamkan akan semakin membesar.
Angin topan dari Ability ini dapat di diamkan sampai 3 detik sebelum di aktifkan kembali untuk melepaskan-nya ke arah target, dan melempar setiap musuh yang terkena serangan-nya. Ability ini dapat menghasilkan  damage seiring bertambahnya level dan item yang di miliki Janna. Jarak jangkauan dari ability ini juga tergantung seberapa lama ability nya di diamkan dan di lepaskan.

Catatan : Sebagai Support yang baik, jangan gunakan Ability ini untuk nge-poke ( Harras / Cicil darah ) lawan. Gunakanlah Ability ini di saat lawan mencoba untuk melakukan serangan pada ADC anda, agar ADC anda bisa selamat dari inisiasi serangan lawan, atau juga bisa di gunakan untuk melakukan inisiasi serangan ketika Jungle tim anda akan melakukan gank . Gunakanlah Ability ini dengan benar !


W - Zephyr

Janna mengeluarkan energi elemental dari udara yang secara Pasif : Meningkatkan Movement Speed dirinya dan membuat-nya dapat bergerak menembus unit

Aktif :  Memberikan magic damage ke Champion musuh dan memperlambat Movement Speed mereka selama 3 detik. 

Catatan : Efek pasif nya hilang saat Zephyr  sedang dalam keadaan Cooldown.
Gunakan Ability ini jika keadaan kamu atau ADC kamu dalam keadaan kalah dan di kejar, atau gunakan sebalik-nya, jika kamu atau ADC kamu dalam keadaan menang dan mengejar salah satu target guna memperlambat Movement Speed target tersebut !


E - Eye Of The Storm

Inilah ability janna yang sangat baik sekali bagi ADC tim nya sendiri, dan sangat menjengkelkan bagi ADC tim lawan. Angin pelindung dari ability ini memberi Shield pada champion teman selama 5 detik yang melindungi champion teman dari damage yang datang hingga perisai angin pelindung ini hilang. Dan sebalik nya, ability ini juga memberikan tambahan damage bagi ADC tim anda hingga perisai angin pelindung ini hilang . Ability ini juga bisa di gunakan pada turret tim anda.

Catatan : Gunakanlah ability ini dengan ketepatan penggunaan yang baik !! Perhatikan ADC atau Support tim lawan yang ingin menyerang atau memberikan damage kepada anda atau ADC tim anda, dan segeralah gunakan ability ini dengan cepat sebelum damage dari lawan mengenai , untuk memberikan perisai bagi diri anda atau ADC tim anda, tergantung anda atau ADC tim anda yang mau di serang lawan ! Ketepatan penggunaan sangat berpengaruh baik pada ADC tim anda.


R - Monsoon

Ability ini adalah kekuatan angin, badai magis yang akan mendorong semua lawan di sekitar Janna untuk menjauh. Sewaktu Ability ini aktif, angin-nya akan memulihkan Health semua champion teman yang berada di sekitar Janna selama 3 detik.

Catatan : Ability Janna ini sangat amat berguna dalam keadaan Teamfight. Dengan Ability ini , Janna bisa menghancurkan formasi lawan pada saat war terjadi, yang sangat menguntungkan Tim kamu untuk mendapatkan kesempatan menghabisi ADC atau Mid lawan. Gunakanlah Ability ini dengan sangat tepat ketika Tim kamu dalam keadaan atau posisi yang kurang bagus, atau ADC kamu dalam keadaan di incar, atau mungkin Health tim kamu dalam keadaan sangat sekarat, maka gunakanlah untuk membalik keadaan. Jangan gunakan ability ini sembarangan, ketika tidak benar-benar di butuhkan, karena akan sangat merugikan kamu dan tim ketika ability ini sedang cooldown dan war terjadi !

Ada 1 Pengalaman saya yang mungkin suatu saat akan terjadi bagi anda yang memainkan Janna, ketika Ability Monsoon Janna ini di perhadapkan dalam keadaan 50:50. Yang saya maksudkan 50:50 disini adalah, ketika pertarungan terjadi, ada salah 1 anggota tim anda yang sangat membutuhkan Ability anda ini untuk selamat, tapi di lain sisi ada 1 anggota lawan yang bisa di bunuh !
Namun ketika anda hendak menggunakan ability ini dengan tujuan menyelamatkan salah 1 anggota tim anda , karena anda merasa sebagai seorang Support untuk melindungi, maka anda menggunakan Ability ini, dan teman anda selamat. NAMUN di sisi lain 1 anggota tim musuh yang bisa di bunuh, malah ikutan selamat dari war tersebut karena Ability yang anda pakai ini, sehingga mendorong musuh yang sudah hampir mati menjauh. Maka bisa saya simpulkan "Penggunaan Ability ini kadang di hadapkan dengan pilihan yang sangat sulit".

Kelebihan Janna 


Janna sangat unggul dalam memberikan Buff kepada rekan timnya dengan menggunakan ability Eye Of The Storm ( E ).


Kekurangan Janna


Janna sangat kesusahan apabila anda dapat berhasil mengurangi health temannya tersebut, dan Janna bukan tipe champion yang dapat membantu memberikan damage yang banyak buat ADC-nya ( Tipe Poke ), dan Janna juga bukan champion yang kuat dengan Health yang banyak untuk berada selalu di depan ADC nya ( Tipe Tank ).


Bermain sebagai Janna / Teamfight


Anda harus selalu memperhatikan  penempatan posisi nya. Jangan sampai darahnya di cicil sama lawan. Posisikan Janna sejajar dengan ADC anda, atau mungkin berada di belakang minion anda untuk menghindari Ability lawan yang dapat mencicil anda ( poke ) , dan selalu siap untuk memberikan Ability Eye Of The Storm ( E ) jika ADC kamu di incar atau diri kamu sendiri yang menjadi incaran. Jika posisi Janna terlalu di belakang atau terlalu jauh dari ADC nya, maka jarak jangkauan untuk anda memberikan Shield dari Ability E Janna itu tidak sampai ( Tidak terjangkau ), maka dari itu posisikan Janna jangan terlalu di depan bagaikan Champion Tipe Tank, dan Jangan terlalu jauh di belakang ADC.

Kombinasi ability E dan Q Janna untuk melindungi diri atau melindungi ADC nya sangat baik di gunakan di saat lawan berniat untuk menyerang, dan jika Health sudah sangat rendah dan posisi lawan masih mengejar di belakang, segeralah gunakan Monsoon ( Ability R ) untuk menjauhkan lawan dari sekitar anda, dan memberikan efek penyembuhan bagi kamu dan ADC tim kamu.

Mastery























Untuk Janna Keystone Mastery yang tepat adalah "Windspeaker's Blessing". Dengan menggunakan Keystone Mastery ini Ability E dan R dari Janna akan sangat terasa kuat, karena efek dari Heal dan Shield akan bertambah kuat 10%. Selain itu Shield dan Heal kepada champion teman akan meningkatkan Armor dan Magic Resistance selama 3 detik, di tambah juga dengan pemilihan "Runic Armor" yang menambahkan 8% Shield dan Heal.

Runic Armor
Windspeaker,s Blessing







Runes













Runes yang di gunakan untuk Janna : 
9 Mark of Magic Penetration, 9 Glyph of Magic Resist, 9 Seal of Armor, 3 Quintessence of Ability Power ( AP ) atau juga Seal of Armor di gantikan dengan  9 Seal of Scaling Health.



Skill Build















Pada level 1 ambil Skill E ( Ability Ey of The Storm ), kemudian level 2 ambil skill Q ( Howling Gale ), dan pada level 3 ambil skill W ( Zephyr ), dan kemudian maksimalkan Skill E sampai level 9, dan berikutnya maksimalkan terus skil W sampai level 13, dan maksimalkan skill Q sampai level 18, dan yang terakhir skill R di ambil pada level 6, 11, 16.

Summoner Spell









Flash dan Exhaust adalah pilihan Spell yang baik untuk Janna. Flash bisa di gunakan ketika Janna dalam keadaan yang sudah sangat bahaya ( bisa di bunuh lawan ), untuk menyelamatkan diri dengan cara melarikan diri. Flash juga bisa di gunakan untuk anda mengejar lawan yang dalam keadaan kalah dari tim anda dan ingin melarikan diri. Anda bisa menggunakan Flash dan di tambah dengan Ability Q / W pada lawan yang ingin anda kejar untuk menghentikan dia atau memperlambatnya agar tidak melarikan diri dan tim anda bisa membunuhnya. Flash juga bisa di kombinasikan dengan Ability R milik Janna. Dalam keadaan 5 vs 5 terjadi, anda bisa melihat peluang di mana anda bisa masuk ke tengah formasi tim lawan dengan melakukan Flash + R dengan tujuan untuk menghancurkan formasi tim mereka, sehingga tim anda bisa lebih mudah memfokuskan target mana yang akan di bunuh duluan karena formasi tim mereka sudah pasti berantakan setelah anda melakukan Flash + R .

Catatan : Setelah melakukan Flash + R , jangan menahan Ability R terlalu lama ! Karena anda bisa segera di bunuh jika terlalu lama berada di tengah formasi lawan. Karena hanya dengan menggunakan ability R dengan cepat , formasi lawan sudah pasti hancur.
Gunakanlah Flash + R hanya untuk sekedar menghancurkan formasi lawan dan secepatnya kembali lagi ke Formasi tim anda.

Exhaust sangat menjadi pilihan terbaik bagi seorang Support ketika melihat tim lawan mempunyai Champion Assasin. Exhaust bisa di pakai untuk Champion tipe Assasin yang hendak melakukan gank ke arah anda dan ADC tim anda. Exhaust juga bisa di pakai untuk semua champion lawan dengan tujuan untuk mengurangi  Movement Speed dan Attack Speed sebanyak 30%, Armor dan Magic Resist sebesar 10, dan Damage yang dihasilkan sebanyak 40% selama 2.5 detik.

Catatan : Ketika anda dan ADC tim anda bertarung 2 vs 2 dengan Support dan ADC tim lawan, sebagai seorang support, anda harus perhatikan baik baik pertarungan yang terjadi. Apakah ADC tim anda lebih unggul dari ADC tim lawan ? ataukah ADC tim lawan yang lebih unggul dari ADC tim anda ? Ketika anda merasakan bahwa ADC tim lawan mempunyai damage yang lebih besar dari ADC tim anda, dan ADC tim anda sepertinya kalah Damage dan Health dari tim lawan, maka segeralah gunakan Exhaust anda ke ADC tim lawan dengan tujuan melemahkan serangan ADC tim lawan, agar pertarungan berbalik menjadi kemenangan bagi anda ! Jangan gunakan ke Support tim lawan kecuali ADC lawan sudah mati dan tersisa Support tim lawan yang mencoba membunuh ADC tim anda yang sudah sekarat !
Setiap kali Exhaust anda ada, dan bisa di gunakan dalam pertarungan 2 vs 2 atau 5 vs 5, maka gunakanlah ! Jangan menyimpan atau lupa menggunakan Exhaust anda yang sangat berguna itu.


Item Build


Item awal level 1 yang bisa anda gunakan.
3 Health Potion dan 1Ancient Coin.






6 item yang bisa di gunakan sampai akhir game.







Sebagai seorang Support, WAJIB mengutamakan Vision untuk tim anda ! Belilah 1 Sighstone dan kemudian pada pertengahan game atau akhir game anda bisa menjadikan Sighstone menjadi 4 item ini untuk mendapatkan tambahan Health yang banyak atau tambahan AP maupun regenerasi dari mana dan health atau tambahan cooldown reduction.









Catatan : Item untuk seorang support itu ada berbagai macam jenis dan kegunaan-nya, dan juga berbeda untuk tiap tipe champion. Tipe Mage punya item tersendiri dan berbeda dari tipe Tank. Jadi tidak terfokus tiap game item itu saja yang selalu di beli. Item untuk seorang Support itu tergantung kondisi game itu berlangsung ! Contohnya, Tim lawan banyak CC ( Crowd Control  ) yang bisa membuat ADC / Tim anda terkena Stun, maka anda bisa membeli item "Mikael's Crucible" untuk mengaktifkannya dan melepaskan Stun tersebut.
Masih sangat banyak kegunaan item item Support yang lain. Maka dari itu saya sarankan buat anda "Rajinlah membaca kegunaan item item yang ada" biar pemahaman anda luas , dan item apa yang anda beli itu sangat berguna untuk kemenangan tim anda.

Selamat belajar dan mencoba.

JANNA "the Storm's Fury"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar