Selamat datang di Blog gue :) Salam kenal

Kamis, 22 Desember 2016

Menjadi seorang Support yang baik


Ryan Calvin


Menjadi seorang Support bagi sebagian orang yang bermain League of  Legends adalah hal yang sangat membosankan. Di pandang sebelah mata sudah menjadi hal yang biasa bagi seorang Support.
Tapi apakah anda tau dan pernah merasakan bermain tanpa seorang Support atau Duo di bot lane bukan dengan champ Support  ? Saya yakin pasti kurang maksimal, entah karena champion yang anda pakai tidak mempunyai kemampuan untuk melindungi ADC anda, atau hal lain yang harusnya di miliki Champion Support. Bisa saja anda menjadikan champion yang bukan champion Support menjadi seorang Support di Bot lane, dan anda yang sering seperti itu merasakan "Wah support itu bisa champion sembarangan saja koq".
Yang sering berpikiran seperti itu adalah orang-orang yang belum paham Support yang sebenarnya dan Synergy dalam komposisi tim itu seperti apa ! Kalau anda hanya iseng-iseng bermain sebagai Support dan menggunakan Champion yang bukan Support  ya boleh-boleh saja. Tapi dalam permainan atau pertandingan yang sesungguh-nya sebaiknya jangan !

Seorang Support memegang peranan penting dalam game League of Legends. Pemain yang mengontrol seluruh jalannya pertandingan game, dan menguasai map permainan. Kadang ada yang berpendapat seorang Support hanya sebagai Babysitter yang kerjanya cuma membantu ADC atau Tanker. Sekali lagi itu salah besar ! Karena tugas seorang Support lebih dari itu. Disini saya akan membahas tentang Support dan mungkin saya akan memberikan sedikit Tips dan Trick di dalamnya.

Mengapa bermain sebagai Support ?

Orang yang berjiwa pahlawan pasti akan menjawab dengan sederhana "Karena saya ingin melindungi Tim". Namun jika jiwa anda untuk membunuh sendiri musuh-musuh anda, sebaiknya jangan bermain sebagai seorang Support, karena anda mungkin lebih cocok bermain di Mid , ADC , Top atau Jungle, dan bukan untuk menjadi seorang Support !

Apa yang di lakukan oleh Support ?

Support bertugas untuk men-Support Tim, dan ada hal penting lainnya yang harus di lakukan seorang Support :

1) Menyembuhkan atau melindungi anggota tim.
2) Membeli dan memasang Ward
3) Membantu menghancurkan Ward musuh
4) Membantu Carry / Marksmen membunuh musuh

Catatan : Poin 1 Contohnya : Support yang Ability nya untuk menyembuhkan seperti : Ability W dari Nami, Ability W dari Soraka, Ability W dari Sona, dan masih ada lagi. 
Sedangkan Support yang ability nya untuk melindungi seperti : Ability W dari Tahm Kench, Ability W dan Q dari Alistar dan masih banyak lagi champion Support yang lainnya.

Tips dan Trik bermain sebagai seorang Support

1) Selalu memasang ward di sungai.  Perbiasakanlah diri anda untuk memasang ward di sungai. Karena ward di sungai sangat membantu anda untuk mengetahui posisi musuh yang akan melakukan gank ke arah anda atau gank ke arah teman anda di mid. Ward di sungai juga bisa membalikan keadaan dimana musuh yang akan melakukan gank, malah terlihat oleh ward yang kita pasang di sungai, sehingga bisa dengan cepat Tim kita yang melakukan gank ke arah dia.

2) Selalu memasang Control ward di semak-semak belakang Monster Red. Control Ward di daerah ini sangatlah berguna untuk menjaga hutan anda di bagian Red agar tidak kemalingan Jungler lawan. Dan berguna juga untuk mencegah anda di gank dari belakang setelah Jungler lawan melakukan Counter Jungle di daerah Monster Red tim kita. ( Jika anda berada di Blue Tim )

3) Selalu memasang Control ward di jalan masuk Monster Blue. Control Ward di daerah ini sangatlah berguna untuk menjaga hutan anda di bagian Blue  agar tidak kemalingan Jungler lawan. Dan berguna juga untuk mencegah anda di gank dari belakang setelah Jungler lawan melakukan Counter Jungle di daerah Monster Blue tim kita. ( Jika anda berada di Red Tim )

4) Gunakanlah Ward sesuai kondisi, Jika anda melihat champion Mid lawan sering tidak kelihatan di Map, dan sering menghilang di saat anda dan ADC anda agak mendorong minion ke arah turet lawan, maka segeralah pasang ward di sungai dan tetap melaksanakan Poin 2 dan 3 sebelum anda kembali melakukan Push ke arah turet lawan. Namun sebaliknya , jika anda melihat champion mid lawan atau Jungler dan cahmpion top lawan sedang berada jauh dari posisi anda dan masih kelihatan di map, saat itu jika anda tidak memasang ward juga masih aman aman saja. 

Catatan :  Selalu berkomunikasi dengan tim anda mengenai posisi lawan. Anda bisa menggunakan tanda ( ? ) untuk memberitahukan bahwa pergerakan lawan di lane tertentu sedang tidak terlihat, maka saat itupun anda sebagai Support harus berhati-hati dengan ADC anda dan segera memasang Ward di poin yang sudah saya jelaskan di atas.

5) Cicil musuh, tapi berusaha tidak di cicil lawan, Cicil yang saya maksudkan disini adalah melakukan Poke atau mengharas Health lawan. Tidak semua Champion yang dapat melakukan tugas ini, karena tipe tipe champion itu berbeda seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya di atas. Contoh Champion Support yang dapat mencicil atau melakukan Poke ke arah musuh seperti : Ability Q dari Karma bisa di Kombinasikan dengan Ability R dari Karma ( R dulu baru Q ). Dengan cara itu anda akan mencicil Health lawan yang akan membuat lawan merasa terganggu, merasa takut untuk maju membunuh minion untuk mendapatkan Gold dari minion, dan akhirnya CS dari ADC lawan akan ketinggalan dari CS ADC tim anda, yang akan berpengaruh untuk dapat membeli dan menjadikan item yang lebih baik.

Catatan :  Masih banyak tipe champion Poke / Haras di League of Legends selain Karma. Contohnya masih ada Ability Q dari Lulu, Ability W dari Nami yang bisa Poke lawan dan juga bisa menyembuhkan diri sendiri, dan juga ada Ability Q dari Sona. Itu hanya sebagian contoh Champion yang bisa melakukan tugas untuk mencicil Health lawan.
Yang saya maksudkan CS di poin 5 adalah "Creep Score" yang merupakan jumlah Creep atau minion yang champion ADC Tim kamu bunuh. Semakin besar CS maka semakin besar Gold yang kamu peroleh. Tapi ingat , sebagai seorang Support , jangan anda membunuh banyak minion ! Membunuh 1 minion tiap gerombolan minion yang datang sudah cukup bagi anda yang bermain sebagai Support ! Karena dari Susunan Mastery sudah ada yang secara otomatis memberikan anda tambahan Gold tanpa membunuh minion, dan juga Item bawaan sebagai seorang Support juga sudah membuat anda secara otomatis mendapatkan Gold tanpa melakukan farming atau membunuh minion seperti ADC Tim anda.

6) Selalu melindungi, bukan di lindungi. Selalu lindungi ADC anda dari Gank atau serangan lawan, dengan cara sesuai Tipe champion anda. Jika champion anda tipe menyembuhkan, selalu gunakan Ability anda untuk menyembuhkan ADC tim anda, dan jika tipe champion  anda adalah tanker pelindung, maka selalu berada di depan ADC anda jika lawan melakukan gank atau duo bot lane lawan ingin menyerang anda. Jangan malah anda bermain tipe Champion Support Tank dan posisi anda malahan selalu berlindung di belakang ADC Tim anda . Itu salah besar ! Ingat Tipe champion apa yang anda pakai sebagai support, jika tipe yang menyembuhkan selalu gunakan ability dengan benar untuk menyembuhkan ADC anda, dan posisikan diri anda sejajar atau sedikit di belakang ADC anda agar terhindar dari Poke / Haras champion lawan, karena tipe champion menyembuhkan sangat lemah dan cepat di bunuh. Namun jika anda bermain tipe Champion Support yang Tank, jangan seperti kucing penakut yang berlindung di belakang ADC anda, karena anda Tipe tank yang sudah pasti kuat untuk berada di depan ADC anda tiap kali lawan ingin membunuh ADC anda !

7) Komunikasi yang baik dengan ADC. Komunikasilah menggunakan tanda bantu yang sudah di sediakan di dalam game dengan benar. Jika anda berpikir untuk mundur dalam pertarungan di Bot yang terjadi, maka gunakanlah tanda peringatan untuk mundur dan sebaliknya. Kurangnya komunikasi yang baik sangat berdampak buruk , karena bermain solo dengan pasangan di bot lane yang anda tidak kenal sangat rentan terhadap yang namanya salah pengertian. Maka dari itu selalu komunikasikan melalui tanda bantu yang sudah di sediakan di dalam game, agar apa yang ingin kalian lakukan selalu tepat dan berhasil

8) Selalu perhatikan momentum dan cooldown skill. Sebagai seorang support kamu harus bisa menghitung momentum kapan saat yang tepat untuk memasang ward yang sebelumnya sudah saya jelaskan di atas, dan kapan waktunya untuk pergi membantu ke lane lain. Pemanfaatan skill kamu untuk membantu membunuh musuh juga tidak kalah penting, jangan sampai kamu tidak bisa membantu membunuh musuh atau membantu melindungi ADC kamu karena Ability atau skill yang kamu gunakan dengan sembarangan !

Catatan : Jika di mid atau di hutan terlihat akan terjadi pertempuran , maka segeralah datang untuk membantu tim kamu, dan Komunikasikan dengan baik bagi ADC kamu yang mungkin masih tetap berada di bot , agar di saat kamu membantu yang lain , ADC kamu tidak bermain agresif yang dapat menyebabkan dia di bunuh.


Pesan terakhir dari artikel saya ini, untuk anda yang ingin bermain menjadi Support, sering seringlah berlatih untuk menambah pengalaman anda sendiri. Karena jika anda hanya membaca tapi jarang berlatih, sama saja tidak ada gunanya. Ilmu tanpa praktek itu hanya omong kosong dan tidak bisa menambah pemahaman dan skill kamu sendiri. Jadilah Support yang membantu Tim , bukan menjadi beban Tim !

Salam sukses buat anda yang ingin belajar menjadi seorang Support :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar